Wednesday, September 15, 2010

LIGA CHAMPION (1) : Manchester United vs Glasgow Rangers (0-0)



Manchester United mengawali laga penyisihan Grup C Liga Champions dengan bermain tanpa gol, saat menjamu Rangers di Old Trafford.

Setan Merah menguasai hampir seluruh waktu pertandingan, tapi tak banyak memiliki peluang. Rangers bertahan dengan sepuluh pemain, dan berupaya memainkan serangan balik.

MU menguasi laga sejak menit pertama, dan berupaya melakukan penetrasi melalui kecepatan Wayne Rooney, Antonio Valencia, dan Hernandez. Upaya itu nyaris membuahkan hasil ketika Valencia menaklukan dua pemain belakang Rangers, membawa bola, dan menciptakan situasi berbahaya di kotak penalti lawan.

Setelah itu, sampai menit ke-20, MU masih menguasai pertandingan. Namun tidak ada lagi pentrasi. Rangers bertahan dengan sepuluh pemain, dan mencoba mengalahkan Setan Merah dengan serangan balik.

Hernandez tidak banyak mendapatkan suplai bola. Rooney kesulitan melakukan set piece di untuk mencapai kotak penalti. Semua itu berlangsung dari menit ke menit.

Memasuki 15 menit terakhir, MU mencoba mencetak gol lewat tembakan dari luar kotak penalti. Darron Gibson memiliki tiga kesempatan; satu ditangkap penjaga gawang Allan McGregor, dua lainnya melenceng.

Ia juga sering bertukar posisi dengan Fabio, yang mencoba menggunakan kecepatannya untuk melakukan penetrasi.

Strategi serangan balik Rangers juga tidak berjalan. Ketika mereka berupaya memainkan gola di lini tengah, hampir selalu saja berakhir dengan kesalahan passing. Akibatnya, penjaga gawang Tomasz Kuszczak ngganggur sepanjang babak pertama.

MU sedikit melakukan perubahan. Mereka berupaya menyerang dari kedua sayap, untuk membuka ruang di tengah pertahanan Rangers.

Upaya Valencia menerobos sisi kiri pertahanan Rangers juga kerap menemui kegagalan. Terakhir, menit ke-58, upayanya melewati Kirk Broadfoot berakhir fatal.

Broadfoot melakukan sliding tackle, yang memaksa Valencia keluar lapangan dengan tandu. Ryan Giggs menggantikannya.

MU terus menyerang, sampai akhirnya Darren Fletcher memperoleh kesempatan terbaik. Ia menerima bola lambung di kotak penalti, tapi setelah bola dikuasai tak punya ruang tembak sama sekali.

Lini belakang Rangers, yang dikoordinir David Weir dengan cepat menutup. Weir adalah pemain tertua dalam pertandingan itu. Usianya telah memasuki 41 tahun.

Masuknya Michael Owen, menggantikan Park Ji-sung, juga tidak mengubah keadaan. Begitu pula pergantian Fabio dengan Johny Evans.

Gibson memperoleh peluang lagi lewat tembakan jarak jauh, tapi bolanya melambung.

Rangers mencoba keluar menyerang memasuki menit-menit akhir, tapi mereka selalu gugup ketika menguasai bola. Meski demikian mereka masih sempat melepas tiga tembakan ke arah gawang MU.

Memasuki injury time, Giggs diganjal di kotak penalti. Ia ngotot meminta hadiah penalti, tapi wasit memberinya kartu kuning. (GOAL)