Saturday, September 11, 2010

FOURTH WEEK : Everton vs Manchester United (3-3)


Kemenangan Manchester United yang sudah ada di depan mata menjadi musnah setelah dua gol yang terjadi pada masa injury time membuat Setan Merahharus puas mendapatkan satu angka usai bermain imbang 3-3 melawan tuan rumah Everton di Stadion Goodison Park dalam lanjutan Liga Primer Inggris 2010/11.

Pada pertandingan ini, manajer Sir Alex Ferguson tidak menurunkan ujung tombak Wayne Rooney. Ferguson berkilah keputusan itu disebabkan Rooney bakal mendapat sambutan tidak hangat dari mantan klubnya.

Kegagalan memetik angka penuh membuat United hanya naik satu tangga ke peringkat dua klasemen sementara dengan nilai delapan menggeser Arsenal. Posisi United masih bisa kembali digeser Arsenal yang bertanding setelah laga ini.

Sebaliknya, tambahan satu angka membuat Everton masih belum lepas dari papan bawah klasemen sementara. The Toffes baru mengoleksi dua poin dari empat pertandingan yang telah mereka jalani.

Dalam laga tersebut, tuan rumah sempat memberikan perlawanan sengit di awal pertandingan. Tendangan Steven Piennar masih terbendung kaki Nemanja Vidic, sehingga menghasilkan tendangan sudut pada menit pertama.

Selepas menit kesepuluh, United mulai menemukan bentuk permainan, dan mengimbangi perlawanan Everton. Pada menit ke-32, kiper Tim Howard melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis tendangan keras Paul Scholes. Howard kembali menyelamatkan gawang Everton 38 saat membendung tendangan Ryan Giggs enam menit kemudian.

Keasyikan menyerang membuat United sedikit lengah dalam mengawal pertahanan. Kondisi ini dimanfaatkan Everton untuk unggul lebih dulu melalui gol Pienaar pada menit ke-39 usai menerima umpan dari Leon Osman yang memanfaatkan kesalahan Patrice Evra.

Hanya saja, keunggulan ini tidak bertahan lama. Dua menit sebelum babak pertama berakhir, Darren Fletcher sukses menyamakan kedudukan usai menerima umpan matang dari Nani. Skor itu bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, United langsung memberikan tekanan ke pertahanan Everton. Hasilnya, Nemanja Vidic yang tak mendapat pengawalan dari pemain belakang tuan rumah membawa Setan Merah berbalik unggul tiga menit berjalan setelah menyambut umpan Nani.

Pada menit ke-63, United nyaris memperbesar keunggulan. Namun tendangan mendatar Nani usai menerima umpan dari Dimitar Berbatov masih bisa digagalkan Howard. Tapi dua menit berselang, Howard terpaksa memungut bola dari jalanya setelah tidak bisa membendung tendangan Berbatov.

Tertinggal 3-1, pelatih Everton David Moyes pun memasukkan Seamus Coleman dan Aiyegbeni Yakubu, serta menarik keluar John Heitinga dan Tony Hibbert. Permainan Everton menjadi lebih hidup. Kendati mendapat sejumlah peluang, Everton gagal memperkecil ketertinggalan mereka.

Di saat pertandingan diperkirakan berakhir dengan kemenangan United, sundulan Tim Cahill sukses merobek jala Edwin van der Saar pada masa injury time usai menerima umpan Leighton Baines.

Dalam kondisi masih terkejut, Everton kembali menjebol gawang United untuk memaksa papan skor berubah menjadi 3-3 ketika Arteta yang mendapat umpan dari Baines melepaskan tendangan keras ke gawang Van der Saar. Bola sempat berubah arah ketika membentur kaki Scholes. Hingga laga berakhir, skor 3-3 tetap bertahan. (GOAL)