Monday, December 13, 2010

Catatan RG11 : Napak Tilas Laga United vs Arsenal Suplemen penambah wawasan untuk United Fans


jack_wilshere 16:26
@rioferdy5 next time your staying in london tweet me and we will hook up! topman see you monday! and i want your shirt after!!!
jack_wilshere 15:59
@rioferdy5 dont think so mate! Gaffer wont let us! Why mate!? 
jack_wilshere 14:47
Top of the league!!!! jack_wilshere 13:06
See you soon @rioferdy5 and lets hope so @piersmorgan what a result that would be!!!


Deretan tweet dari gelandang muda Arsenal , Jack Wilshere , untuk bek kawakan United , Rio Ferdinand , menjadi salah satu bumbu menjelang laga antara Manchester United dan Arsenal . Klub asal London Utara ini , terutama di era Arsene Wenger , sudah menjelma menjadi salah satu kekuatan d Inggris dan Eropa , dan persaingan dengan United menjadi salah satu tontonan seru yang mewarnai persaingan perebutan gelar juara EPL .

Ada banyak cerita menarik , dimana kedua tim ( Manchester United dan Arsenal ) saling menjatuhkan dan bersaing ketat terutama di akhir 90-an dan awal 2000-an . Arsenal berhasil meraih double winners ( gelar EPL dan F.A Cup ) pada musim 1998/1999 dan 2001/2002 , sementara United meraih treble winners pada musim 98/99 dan 3 gelar EPL berurutan ( musim 1998/1999 s/d 2000/2001 ) . Disamping raihan prestasi , tentu ada bumbu yang tak kalah menariknya yaitu perseteruan antara 2 manajer jenius yang melatih masing-masing klub , yaitu Alex Ferguson dan Arsene Wenger .

Kedua pelatih , Fergie dan Wenger , kerap saling berbalas ejekan dan beberapa kali terlibat psy war baik sebelum ataupun sesudah laga yang sarat akan emosi .  Sebelum kedatangan Jose "The Special One" Mourinho di kancah EPL , duel United - Arsenal adalah salah satu laga yang sering ditunggu-tunggu karena mempertemukan 2 buah klub kandidat juara EPL .

FERGUSON ON WENGER

"They say he's an intelligent man, right? Speaks five languages. I've got a 15-year-old boy from the Ivory Coast who speaks five languages." - Ferguson plays down Wenger's linguistic dexterity in 2003.

"In the tunnel Wenger was criticising my players, calling them cheats, so I told him to leave them alone and behave himself. He ran at me with hands raised saying 'what do you want to do about it?' It's a disgrace, but I don't expect Wenger to ever apologise, he's that type of person." - Ferguson really gets stuck into Wenger in January 2005.

WENGER ON FERGUSON

"I'm ready to take the blame for all the problems of English football if that is what he wants." - Wenger responds after Ferguson questions Arsenal's lack of homegrown players.

"Ferguson's out of order. He has lost all sense of reality. He is going out looking for a confrontation, then asking the person he is confronting to apologise. He's pushed the cork in a bit far this time and lost a lot of credibility by saying what he said." - more bickering from January 2005.

Ada banyak skandal dan cerita seru sepanjang sejarah duel United - Arsenal di era Fergie-Wenger . Pertama , musim 2003/2004 , eksekusi penalti dari Van Nistelrooy pada menit 90 yang gagal dan membuat kedudukan imbang 0-0 di Stadion Old Trafford . Sejumlah pemain belakang Arsenal tidak puas karena menganggap Van Nistelrooy berbuat curang untuk mendapatkan penalti tersebut . Keown , Lauren , dan beberapa pemain lainnya menngeroyok Nistelrooy pasca eksekusi penalti yang gagal , dan membuat pertandingan dihentikan sementara waktu . 

Orang tentu masih ingat pada awal musim 2004/2005 , kala United menghentikan rekor tak terkalahkan Arsenal sebanyak 49 pertandingan , di Stadion Old Trafford . Situasi panas menjalar. Seorang pemain Arsenal ( banyak yang mempercayai bahwa sosok pemain tersebut adalah Cesc Fabregas ) bahkan sempat terpancing emosi dan melemparkan pizza ke wajah Ferguson. Kasus ini akhirnya dikenal sebagai Skandal Pizza atau Pizza-Gate .

Pada pertemuan berikutnya (masih di musim 2004/2005) , di Stadion Highbury , terjadi keributan di lorong menuju ruang ganti. Patrick Vieira (Arsenal) cekcok dengan Gary Neville. Kapten Manchester United saat itu, Roy Keane, tak terima dan bersitegang dengan Patrick Viera . Keduanya pun tidak mau berjabat tangan sampai laga digelar , walau bertemu dalam undian koin dan berfoto bareng dengan wasit serta asisten wasit . Hasil akhir 4-2 berpihak kepada United , walau sempat tertinggal 1-2 di babak pertama .

Beberapa sejarah dan data statistik , berkaitan dengan laga Manchester United vs Arsenal :

1. Gol terbanyak match United-Arsenal adalah 9 gol (5-4) pada 01/02/1958. Duncan Edwards mencetak 1 gol saat itu,
2. United telah berhadapan 209 kali dengan Arsenal dan mencatat kemenangan 86 kali, seri 46 kali, kalah 77 kali.
3. Brian Kidd, Andy Cole, Viv Anderson, & Mikael Silvestre adalah 4 dari 14 pemain yg pernah bermain untuk kedua klub.
4. George Graham dan Stewart Houston adalah dua orang mantan pemain United yang kemudian melatih Arsenal.
5. Rekor penonton terbanyak match United vs Arsenal adalah 99.219 orang pada final FA Cup 1979 (12/05/1979).
6. Jack Rowley adalah pemegang jumlah gol terbanyak United melawan Arsenal. Ia bermain 17 kali dan mencetak 10 gol.
7. Ryan Giggs memegang rekor penampilan terbanyak dalam laga Manchester United vs Arsenal sejumlah 44 kali.
8. Terakhir kali United kalah dari Arsenal adalah 1-2 pada 08/11/2008 di Emirates. Rafael mencetak gol debutnya ketika itu.
9. Terakhir kali United draw dengan Arsenal adalah 0-0 pada 16/05/2009, ketika United mengangkat trofi di Old Trafford.
10. Terakhir kali United menang melawan Arsenal adalah 3-1 (31/01/2010) di Emirates. Pencetak gol adalah Nani 33', Rooney 37', Park 52'

Glory Glory Manchester United
Love United Hate Glazer